logo v2

MOTTO PTUN Banjarmasin : MANTAP (Mandiri, Adil, Netral, Transparan, Akuntabel, Profesional) - PTUN Banjarmasin Siap Memberikan Pelayanan Yang Berkeadilan Kepada Masyarakat

Written by PTUN Banjarmasin on . Hits: 93

KUNJUNGAN KERJA

KE PENGADILAN TINGGI & PENGADILAN MILITER I-06 BANJARMASIN

====================================================================================================

 

Banjarmasin | 10 Agustus 2020

PTUN Banjarmasin kembali melakukan kunjungan kerja dalam rangka perkenalan dan studi banding pelayanan publik. Kali ini rombongan bertolak ke Pengadilan Tinggi Banjarmasin dan Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin, di Banjarbaru.

Rombongan PTUN Banjarmasin yang terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua, Hakim Juru Bicara serta Panitera dan Sekretaris PTUN Banjarmasin, tiba di Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang terletak di Jalan Bina Praja Timur (Komplek Perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan) Palam, Cempaka, Kota Banjarbaru tersebut jam 10.15 WITA.

1

Disambut oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Bpk. Yohannes Ether Binti, SH. M.Hum, pertemuan tersebut diawali dengan perkenalan Pimpinan PTUN Banjarmasin yang baru yakni Ibu Bonnyarti Kala Lande, S.H., M.H., serta Bpk. Sugiyanto, SH., MH., berserta personil lain, oleh Hakim Juru Bicara PTUN Banjarmasin, Febby Fajrurrahman, SH., MH., seraya menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke Pengadilan Tinggi Banjarmasin.

Selanjutnya, Ketua PTUN Banjarmasin, Ibu Bonnyarti Kala Lande, SH., MH., menyampaikan bahwa beliau dan Pak Sugiyanto, SH., MH., kurang lebih telah menjabat sebagai pimpinan di PTUN Banjarmasin, selama kurang lebih 3 bulan. "Di awal penugasan, kami fokus untuk melakukan beberapa pembenahan terlebih dahulu di internal, sehingga baru kali ini memiliki kesempatan untuk melakukan kunjungan ke Pengadilan Tinggi" jelas beliau. "Selain itu, kedatangan kami juga berniat untuk belajar, semacam studi banding dengan Pengadilan Tinggi, berkenaan dengan pengelolaan IT, administrasi BMN, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, agar ada penyempurnaan pelaksanaan di kantor kami" sambung Wakil Ketua PTUN Banjarmasin, Bpk. Sugiyanto, SH. MH.

ke pt

(Pertemuan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19)

Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, mengapresiasi kunjungan dari rombongan PTUN Banjarmasin serta menjelaskan kondisi faktual mengenai pelayanan hukum di Pengadilan Tinggi Banjarmasin, dengan segala sarana dan prasarana yang telah ada. Perbincangan dilanjutkan dengan ringan mengenai personil maupun hambatan pada saat pelaksanaan pelayanan yang pernah dialami masing-masing instansi. "Aset tanah dan bangunan Pengadilan Tinggi Banjarmasin, baru sekitar 4 tahun selesai dan digunakan secara efektif. Selain kami dan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin yang gedungnya berdampingan, ada juga tanah yang sebenarnya dialokasikan untuk dibangun Pengadilan Tinggi TUN, namun sayang sampai saat ini tidak dipelihara, bahkan belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya" terang beliau. 

Pada perbincangan ringan, Sekretaris PTUN Banjarmasin H. Chaidar Kamaludin, SE., menyampaikan bahwa sekitar tahun 90-an, alm. ayahanda beliau, H. Achmad Kusairi, SH., pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, dan foto beliau terpasang di jejeran Ketua (emeritus) PT Banjarmasin pada tahun 1993-1995.

Selepas perbincangan tersebut, Ketua PT Banjarmasin memberikan kesempatan kepada rombongan untuk berkeliling ruangan Pengadilan melihat sarana dan prasarana yang ada di Pengadilan Tinggi Banjarmasin. Pada kesempatan tersebut, Ketua PT Banjarmasin, juga menunjukkan adanya lokasi tanah yang merupakan tanah peruntukkan Pengadilan Tinggi TUN, yang sampai saat ini belum dimanfaatkan. Setelahnya, rombongan berfoto di lobi Pengadilan Tinggi Banjarmasin.

IMG 5082 01

(Sesi foto dilakukan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19, dengan melepaskan masker sesaat)

Selepas kunjungan dari Pengadilan Tinggi Banjarmasin, rombongan kemudian bertolak ke Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin, yang berlokasi tidak jauh dari Pengadilan Tinggi Banjarmasin, yakni di Jalan Trikora 106, Kota Banjarbaru. Disambut oleh Kepala Pengadilan, Letnan Kolonel Chk Edfan Hendrarto, S.H., yang didampingi oleh Hakim-hakim Militer, Mayor Laut (KH) Ruslan, SH., dan Mayor Laut (KH) Awan Karunia Wijaya, SH., MH., serta Panitera, Mayor Chk Salimin, SH., pertemuan tersebut kemudian berlangsung di ruang Kepala Pengadilan.

Hakim Juru Bicara PTUN Banjarmasin, Febby Fajrurrahman, SH., MH., menyampaikan selain bertujuan untuk silaturahmi dan perkenalan pimpinan Pengadilan yang baru, kegiatan ini merupakan pemenuhan janji untuk melakukan kunjungan balik, sebagaimana pernah disampaikan saat rombongan Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin melakukan kunjungan ke Pengadilan TUN Banjarmasin, sekitar bulan Juni lalu.

dilmil2

(Pertemuan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19)

"Pengadilan Militer, yang telah terlebih dahulu mencapai status WBK, tentu menjadi motivasi bagi kami untuk juga bisa mencapai hal tersebut. Dan tentu kami memerlukan diskusi dan barangkali studi banding dengan Pengadilan Militer, berkenaan dengan itu" jelas Wakil Ketua PTUN Banjarmasin, Bpk. Sugiyanto, SH., MH.

Ketua PTUN Banjarmasin, Ibu Bonnyarti Kala Lande, SH., MH., menyatakan senang dengan kondisi fisik bangunan maupun letak dari Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin, yang cukup strategis, bila dibandingkan dengan PTUN Banjarmasin. "Prioritas kami saat ini adalah mengoptimalkan ruang dan bangunan yang ada, agar tetap bisa memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan Mahkamah Agung, karena untuk mengejar prototype gedung, sepertinya memerlukan waktu yang agak lama" terang beliau.

Atas penjelasan tersebut, Kepala Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin, Letnan Kolonel Chk Edfan Hendrarto, S.H., pada prinsipnya menyatakan dengan senang hati membuka jalur diskusi bahkan akan menyediakan waktu apabila PTUN Banjarmasin berencana melakukan studi banding ataupun berdiskusi terkait pelaksanaan pencanangan WBK maupun WBBM. "Saat ini, kami sedang melakukan persiapan untuk evaluasi WBBM dari Kementerian PAN & RB. Alhamdulillah, pimpinan pengadilan kami sebelumnya, sudah menyiapkan berbagai data yang sistematis, sehingga kami saat ini tinggal menyempurnakan saja" ucapnya.

dilmil

(Sesi foto dilakukan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19, dengan melepaskan masker sesaat)

Menjelang siang, perbincangan tidak berlangsung terlampau lama karena telah ada kegiatan lain yang akan dilaksanakan masing-masing, akhirnya setelah beramah-tamah, rombongan PTUN Banjarmasin menyatakan pamit dan tidak melewatkan sesi foto di depan gedung Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin. (km-ed).  

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTUN Banjarmasin

Jln. Brigjend. H. Hasan Basri No. 32 - Kayutangi Banjarmasin 70123

Telp: (0511) 3300072, (0511) 3300393

Fax: (0511) 3300072

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

ig  PTUN Banjarmasin 
yt  PTUN Banjarmasin 

Tautan Aplikasi

Copyright © 2020 TIM - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin