logo v2

MOTTO PTUN Banjarmasin : MANTAP (Mandiri, Adil, Netral, Transparan, Akuntabel, Profesional) - PTUN Banjarmasin Siap Memberikan Pelayanan Yang Berkeadilan Kepada Masyarakat

Written by IFTAH on . Hits: 149

KUNJUNGAN KERJA KE WALIKOTA BANJARMASIN

========================================================================================

 

Banjarmasin  | 21 Juli 2020

Setelah beberapa waktu sebelumnya mengadakan kunjungan kerja ke Kepolisian Resort Kota Banjarmasin, Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin kembali melaksanakan kunjungan kerja, kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan ke Walikota Banjarmasin. Rangkaian kegiatan tersebut, merupakan bentuk silaturahmi, koordinasi serta perkenalan pimpinan pengadilan yang baru ke beberapa instansi pemerintahan yang ada di Kota Banjarmasin. 

Bertempat di Rumah Dinas Walikota, Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina, menyambut baik kunjungan dari rombongan yang dipimpin langsung oleh Ibu Bonnyarti Kala Lande, S.H., M.H., serta Bpk. Sugiyanto, SH., MH., dengan didampingi dua orang Hakim, serta Panitera dan Sekretaris PTUN Banjarmasin tersebut.

IMG 4853(Gambar 1. Perbincangan dengan Walikota Banjarmasin)

Selepas perkenalan pimpinan pengadilan beserta jajarannya oleh Hakim Juru Bicara, Febby Fajrurrahman, SH., MH., dimana Pimpinan PTUN Banjarmasin, yakni Ketua dan Wakil Ketua, serta beberapa Hakimnya juga merupakan personil baru di institusi Pengadilan Administrasi di Kalimantan Selatan ini, dijelaskan pula bahwa maksud kunjungan dari PTUN Banjarmasin, adalah bersilaturahim sekaligus berkoordinasi dan berdiskusi ikhwal pelayanan pengadilan yang telah mengalami beberapa inovasi di PTUN Banjarmasin, maupun perkembangan praktik dan pelaksanaan administrasi pemerintahan terkini sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ketua PTUN Banjarmasin, Ibu Bonnyarti Kala Lande, SH., MH., juga menginformasikan kepada Walikota, bahwa saat ini pelaksanaan pemeriksaan sengketa tata usaha negara di Lingkungan Mahkamah Agung, dilaksanakan secara elektronik dan online (daring), sehingga dalam fase-fase tertentu para pihak yang bersengketa tidak perlu mendatangi pengadilan untuk sekedar menyerahkan dokumen persidangan, tetapi cukup melalui laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id/.

Dalam kaitannya dengan tahapan Pemilihan Kepala Daerah yang akan juga dilaksanakan di wilayah Kalimantan Selatan, Ketua PTUN Banjarmasin juga menjelaskan potensi adanya sengketa terkait Pemilihan Kepala Daerah, dimana kewenangan mengadili sengketa terkait penetapan pasangan calon, adalah menjadi kewenangan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara setelah berproses di Badan Pengawas Pemilu atau Panitia Pengawas, sehingga diharapkan pada saat terjadi persoalan, pihak-pihak yang terkait tidak keliru mengajukan gugatan ke PTUN.

Kesempatan selanjutnya, Wakil Ketua PTUN Banjarmasin, Bpk. Sugiyanto, SH., MH., menjelaskan menangani tahapan persidangan apa saja yang masih dilaksanakan secara konvensional dan tahapan mana yang sudah dilaksanakan secara elektronik dan online (daring). "Yang pasti, untuk mendapatkan salinan putusan, pihak yang bersengketa tidak perlu lagi harus memfotokopi atau berhubungan dengan ASN di Pengadilan. Setelah membayar PNBP, pihak sudah diberikan akses untuk mengunduh file putusan, dan file tersebut merupakan salinan resmi yang telah ditandatangai secara elektronik, dan mempunyai kekuatan pembuktan yang sama", jelasnya.   

Dengan tetap mempedomani protokol pencegahan Covid-19, dengan menjaga jarak, serta pemakaian masker, pertemuan tersebut berlanjut dengan obrolan santai seputar pelaksanaan urusan pemerintahan dan problematika yang terjadi di Kota Banjarmasin. Atas hal ini, Ketua PTUN Banjarmasin menjelaskan bahwa berdasarkan SIPP PTUN Banjarmasin, dalam 3 tahun terakhir, Kota Banjarmasin tidak tercatat sebagai Tergugat dalam sengketa tata usaha negara yang diperiksa PTUN Banjarmasin. Namun, ada instansi bawahan Walikota yang pernah menjadi Tergugat, yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

"Disahkannya Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, juga menyebabkan adanya paradigma baru dalam penyelesaian sengketa administrasi sebelum diselesaikan di Pengadilan, yakni harus ditempuh terlebih dahulu fase berupa upaya administrasi, ke pejabat yang menerbitkan keputusan", terang Ibu Andriyani Masyitoh, SH., MH., Hakim senior yang juga baru mutasi ke PTUN Banjarmasin.

IMG 4966(Gambar 2. Sesi Foto Bersama Walikota Banjarmasin. Sesuai protokol pencegahan Covid-19, masker dilepaskan sesaat sebelum sesi foto)

Walikota Banjarmasin, memberikan respon yang positif terhadap kegiatan silaturahmi maupun perbincangan terkait persoalan administrasi pemerintahan yang terjadi di Banjarmasin khususnya. H. Ibnu Sina mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan PTUN Banjarmasin dalam penanganan perkara, yang bertujuan untuk mempermudah dan menyederhanakan proses penanganan perkara bagi para pihak. "Dalam hal ada kegiatan konsultatif atau edukatif terkait perubahan paradigma pelaksanaan administrasi pemerintahan, jika berkenan maka kami akan meminta bantuan PTUN untuk memberikan pelatihan atau sejenisnya di waktu-waktu yang akan datang", pungkas beliau.

Atas hal tersebut, pimpinan pengadilan menyatakan pada prinsipnya tidak berkeberatan saat ada kegiatan yang memerlukan sharing ilmu terkait administrasi pemerintahan maupun penegakan hukum administrasi pada umumnya. "Dan tentunya, kami tetap akan menjaga independensi maupun imparsialitas, apabila suatu saat ternyata ada sengketa yang melibatkan Pemerintah Kota Banjarmasin dan diperiksa oleh kami", tutup Wakil Ketua PTUN Banjarmasin.

IMG 4968(Gambar 3. Penyerahan Cinderamata dari Walikota Banjarmasin)

Di akhir kunjungan, Juru Bicara PTUN Banjarmasin, Febby Fajrurrahman, SH., MH., atas nama rombongan mengucapkan terima kasih karena telah diterima dengan baik dalam kunjungan ini oleh Walikota Banjarmasin, dengan harapan semoga setelah kegiatan ini, dapat terjalin sinergitas maupun kerja sama antar instansi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing . Selanjutnya kegiatan ditutup dengan sesi foto dan penyerahan cinderamata dari Walikota Banjarmasin kepada Ketua PTUN Banjarmasin. (km.ed).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTUN Banjarmasin

Jln. Brigjend. H. Hasan Basri No. 32 - Kayutangi Banjarmasin 70123

Telp: (0511) 3300072, (0511) 3300393

Fax: (0511) 3300072

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

ig  PTUN Banjarmasin 
yt  PTUN Banjarmasin 

Tautan Aplikasi

Copyright © 2020 TIM - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin