logo v2

MOTTO PTUN Banjarmasin : MANTAP (Mandiri, Adil, Netral, Transparan, Akuntabel, Profesional) - PTUN Banjarmasin Siap Memberikan Pelayanan Yang Berkeadilan Kepada Masyarakat

Written by IFTAH on . Hits: 139

Kunjungan Kerja Ke Polresta Banjarmasin

Banjarmasin  | 14 Juli 2020

Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin, yang dipimpin langsung oleh Ketua PTUN Banjarmasin, Ibu Bonnyarti Kala Lande, SH., MH., melaksanakan kegiatan kunjungan ke Polresta Banjarmasin, dalam rangka silaturahmi dan perkenalan Pimpinan PTUN Banjarmasin yang baru, dan diterima langsung oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Rachmat Hendrawan di Ruang Rapat Kapolresta Banjarmasin, pada hari Selasa, 14 Juli 2020. Kegiatan tersebut, tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan & penyebaran Covid-19.

16.07.2020if

(Perbincangan dengan jajaran pejabat Polresta Banjarmasin)  

Dengan didampingi oleh Wakil Ketua, Hakim senior dan Hakim Juru Bicara, serta Panitera dan Sekretaris Ketua PTUN Banjarmasin, rombongan memperkenalkan diri dan meyampaikan maksud dilaksanakannya kegiatan kunjungan kerja ini. "Beliau, Ibu Bonnyarti Kala Lande, sebelumnya adalah Ketua PTUN Samarinda", jelas Juru Bicara Pengadilan, saat memperkenalkan Ketua PTUN Banjarmasin. "Sementara, Wakil Ketua PTUN Banjarmasin, Bpk. Sugiyanto, sebelumnya bertugas di PTUN Makassar, demikian pula salah seorang Hakim senior kami Ibu Andriyani Masyitoh, juga baru mutasi dari PTUN Yogyakarta, beberapa waktu lalu" ujar Febby Fajrurrahman, dalam pengantarnya.

Selanjutnya, Ketua PTUN Banjarmasin menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Kapolresta Banjarmasin beserta jajarannya. "Tujuan dari kunjungan ini, selain perkenalan, juga adalah menguatkan koordinasi, terutama yang berkaitan dengan pengamanan sidang yang dilaksanakan di PTUN Banjarmasin, mengingat berdasarkan informasi yang diterima, beberapa kali terjadi unjuk rasa yang berkaitan dengan sengketa yang tengah diperiksa, termasuk pekan kemarin yang berkaitan dengan sengketa pedagang pasar di Alabio", jelas Ibu Bonnyarti Kala Lande.

16.07.20201 if.2

(Perbincangan dengan jajaran pejabat Polresta Banjarmasin) 

Perbincangan dilanjutkan dengan perkenalan beberapa personil pejabat di Kepolisian Resort Kota Banjarmasin oleh Kapolresta Banjarmasin, -yang juga ternyata baru menjabat sekitar 3 bulan di Banjarmasin, setelah sebelumnya bertugas di Polda Kalimantan Utara-, diantaranya adalah Wakil Kapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo yang telah cukup familiar, setelah beberapa waktu lalu turun langsung ke Pengadilan TUN Banjarmasin, dalam rangka pengamanan unjuk rasa, serta beberapa pejabat lain, seperti Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kasat Reskrim.

Selanjutnya, masing-masing pimpinan institusi tersebut menjelaskan kewenangan dan wilayah hukum, pengalaman, kondisi faktual maupun problematika dalam pelaksanaan tugas masing-masing, yang tentunya menghadirkan beragam efek yang berpengaruh kuat pada pembentukan karakter kepemimpinan masing-masing. Wakil Ketua PTUN Banjarmasin, Bpk. Sugiyanto menceritakan bagaimana pengalaman beliau saat bertugas di Medan maupun Makassar, yang secara karakter nampaknya lebih "keras" dalam menyuarakan aspirasinya, dibandingkan dengan daerah lain, termasuk Banjarmasin.

"Terkait dengan penanganan perkara, berdasarkan informasi dari Panitera PTUN Banjarmasin dan SIPP, di lingkup Kepolisian sendiri, jenis sengketa umumnya berkenaan dengan pemberhentian dari dinas polisi, seperti yang pernah ditangani, berasal dari Polres HSU. Namun, pihak Tergugat dalam hal ini adalah Kepala Polda Kalimatan Selatan", jelas Hakim Juru Bicara Pengadilan, Febby Fajrurrahman.   

16.07.2020 if 3

(Sesi foto dengan jajaran pejabat Polresta Banjarmasin) 

"Prospek ke depannya, sesuai dengan arahan dari Kapolda Kalimantan Selatan, pada prinsipnya kami siap sedia pada saat Pengadilan membutuhkan pengamanan dalam pelaksanaan tugas pokoknya dalam memeriksa perkara, sebab hal itu sudah menjadi kewajiban dari Kepolisian untuk menjamin kamtibmas, pengamanan, terutama obyek-obyek vital seperti institusi Pengadilan. Koordinasi ini Insya Allah, akan berjalan baik dan konsisten" tegas Kombes Rachmat Hendrawan.

"Karakter orang Banjar, pada umumnya lebih menyukai damai, dan ketertiban. Mungkin berbeda dengan pengalaman yang pernah ditemui oleh pak Wakil Ketua Pengadilan tadi. Jadi, meskipun ada unjuk rasa, insya Allah tetap tertib dan aman-aman saja, meski kami tetap memantau sesuai SOP Kepolisian", terang Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo.

Setelah hampir 1,5 jam berbincang, kegiatan kunjungan tersebut diakhiri dengan pengambilan foto. (km.ed)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTUN Banjarmasin

Jln. Brigjend. H. Hasan Basri No. 32 - Kayutangi Banjarmasin 70123

Telp: (0511) 3300072, (0511) 3300393

Fax: (0511) 3300072

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

ig  PTUN Banjarmasin 
yt  PTUN Banjarmasin 

Tautan Aplikasi

Copyright © 2020 TIM - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin