logo

MOTTO PTUN Banjarmasin : MANTAP (Mandiri, Adil, Netral, Transparan, Akuntabel, Profesional) - PTUN Banjarmasin Siap Memberikan Pelayanan Yang Berkeadilan Kepada Masyarakat

Written by febby.dr on . Hits: 253

IMG 20191126 WA0043

 

Banjarmasin | 26 November 2019

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin, pada pukul 13.30 WITA, dilaksanakan kegiatan Ekspose atas hasil Pembinaan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (TUN) Mahkamah Agung RI di Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin yang telah dilakukan sejak hari Senin, 25 November 2019 sampai dengan 26 November 2019.

Pembinaan yang dilakukan oleh Ditjen Badilmiltun ini dipimpin langsung oleh Plt. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara (TUN) Bapak Didik Andy Prastowo, S.H., M.H. yang didampingi oleh Bapak Sudarsono, SH., MH., (Hakim Yustisial pada Ditjenmiltun) dan Bapak Wahyudin (Staf Kasubbag Anggaran & Perbendaharaan Set Ditjen Badilmiltun). Kedatangan Tim Pembinaan ini disambut langsung oleh Ketua, Wakil Ketua dan Hakim senior pada Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin.

 

IMG 20191125 WA0045

 

IMG 20191125 WA0061  IMG 20191125 WA0060 

 

Tujuan dilaksanakannya Pembinaan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara adalah untuk meningkatkan kinerja seluruh elemen PTUN Banjarmasin dan memperbaiki beberapa hal yang dirasa masih terdapat kekurangan. Adapun hal - hal yang termasuk dalam Pembinaan ini dilakukan terkait dengan administrasi perkara, kepegawaian dan inventarisasi barang milik negara.

Sedangkan hasil dari Pembinaan, disampaikan dihari ini secara langsung didepan seluruh elemen yang ada di PTUN Banjarmasin, dengan hasil yang rata-rata memuaskan dan perlu adanya beberapa perbaikan agar kinerja di PTUN Banjarmasin menjadi lebih baik dan optimal. Beberapa diantaranya, adalah terkait sarana dan prasarana yang ada di PTUN Banjarmasin dinilai sudah memadai dan keadaannya pun bersih dan agar selalu dijaga kebersihannya. Hal ini berpengaruh pada pelayanan yang dilakukan kepada para tamu dan para pencari keadilan yang datang sudah dilayani dengan baik. Keadaan POSBAKUM yang dinilai rapi dan nyaman sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada para masyarakat dan para pencari keadilan.

IMG 20191125 WA0053  IMG 20191125 WA0050 

 

Selain itu, disampaikan juga temuan tentang register perkara yang masih perlu diperbaiki dan kotak dari tingkat kepuasan masyarakat yang masih belum optimal, hal ini dapat diperbaiki dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang melakukan persidangan untuk selalu mengisi tingkat kepuasan tersebut.

IMG 20191125 WA0054

Pengawasan juga dilakukan pada aplikasi-aplikasi yang diterapkan oleh Mahkamah Agung RI yakni SIKEP, SIPP dan SIMAK BMN, apakah sudah dilaksanakan dengan optimal di PTUN Banjarmasin. Perihal pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pun tak luput dari pengawasan Tim dari Ditjen Badilmiltun ini. Terkait hal ini, disampaikan juga bahwa Akun PNBP yang ada pada PTUN Banjarmasin sudah sesuai dengan SBK (Standar Baku Keuangan) dan telah diproses dan dimuat langsung pada website PTUN Banjarmasin.

IMG 20191125 WA0062  IMG 20191125 WA0073 

Sedangkan dalam hal kepegawaian, diharapkan kepada seluruh pegawai baik Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional maupun staf agar selalu mengisi Surat Izin keluar kantor, ketika meninggalkan lingkungan kantor.

Terkait dengan akan diadakannya kembali penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu, maka masih diperlukan upaya lebih untuk meningkatkan penilaian akreditasi dari hasil yang didapat sebelumnya, sehingga diharapkan adanya peningkatan kinerja dan kerjasama seluruh elemen dari Pengadilan Tata Usaha Negara Banjarmasin untuk menghadapi beberapa penilaian terkait pelayanan public baik itu internal maupun eksternal seperti ISO, Akreditasi Penjaminan Mutu, Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi.

 

IMG 20191126 WA0050

Setelah mendengar hasil ekspose Pembinaan dari TIM Ditjen Badilmiltun, dimana secara garis besar bernilai baik dan berdampak positif bagi seluruh elemen PTUN Banjarmasin, semakin menambah semangat Aparatur PTUN Banjarmasin untuk meningkatkan kualitas dan kinerjanya menjadi lebih baik lagi, serta memantik motivasi menyongsong penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang diharapkan dapat dilaksanakan di awal tahun 2020.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PTUN Banjarmasin

Jln. Brigjend. H. Hasan Basri No. 32 - Kayutangi Banjarmasin 70123

Telp: (0511) 3300072, (0511) 3300393

Fax: (0511) 3300072

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi